Recent Posts

    Teknologi Multimedia dan Contohnya

    Teknologi Multimedia dan Contohnya - Multimedia adalah gabungan dari kata "multi" dan "media". Multi berarti banyak atau lebih dari satu, dan media berarti bentuk atau jenis sarana yang dipakai untuk menyampaikan informasi. Penggunaan televisi, video, dan film merupakan contoh penyampaian informasi yang melibatkan beberapa komponen sekaligus, namun yang membedakan aplikasi multimedia dengan yang lain adalah adanya interaksi antara aplikasi dengan manusia yang menggunakannya.

    Teknologi Multimedia dan Contohnya
    Teknologi Multimedia dan Contohnya


    Multimedia dapat menyediakan objek yang berupa gambar dalam bentuk foto, grafik, peta dan gambar-gambar lain. Untuk memperoduksi gambar dapat digunakan kamera digital, mencari gambar dari berbagai sumber, dan download gambar yang ada di internet.

    Multimedia juga diartikan sebagai sistem komputer yang terdiri dari hardware dan software yang memberikan kemudahan untuk menggabungkan berbagai komponene seperti gambar, video, grafik, animasi, suara, teks, dan data yang dikendalikan. dengan program komputer. Lima tipe dasar objek media :

    1.Tulisan
    Tulisan sebagai penyerta untuk mengkomunikasikan informasi yang disampaikan, memperjelas media lainnya atau untuk tujuan ekspresi artistik.

    2.Suara
    Elemen bunyi-bunyian (musik, efek suara) untuk memperjelas informasi yang diberikan. Bisa juga dengan menggunakan secara terpisah untuk memperjelas elemen media lainnya.

    3.Gerakan
    Animasi (tipe kartun, video, dan lain-lain) dapat digunakan sebagai alternatif untuk memperjelas dan menjadikan lebih menarik dalam menyampaikan informasi. Animasi dapat juga menyajikan beberapa gabungan gambar yang ditampilkan secara berurutan.

    4.Interaktivitas
    Seseorang dapat mengoprasikan sendiri peralatan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan, yang akan memperkuat ras percaya diri pengguna (user).


    Komputer dan perangkat multimedia lain sebagai bentuk konkrit, cepat atau lambat pasti menjadi barang kebutuhan sehari-hari, termasuk dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Banyak orang percaya bahwa multimedia akan membawa kita kepada situasi belajar dimana "learning with effort" (belajar dengan dipengaruhi/terpaksa) akan dapat digantikan dengan "learning with fun" (belajar dengan menyenangkan). Jika situasi tersebut tidak terjadi, maka multimedia sekurang-kurangnya diharapkan akan dapat membantu belajar menjadi lebih efektif.

    Contoh Perangkat Multimedia yang Trend


    Proyektor ( Projector )
    Teknologi Multimedia dan Contohnya
    Proyektor - Teknologi Multimedia dan Contohnya


    Yang sudah kuliah, siapa yang tidak kenal dengan perangkat multimedia ini, proyektor adalah perangkat multimedia yang beberapa tahun belakangan ini menjadi trend, karena manfaatnya di dunia pendidikan sangat penting, kenapa ? karena sekarang guru atau dosen yang menjelaskan terbantu dengan adanya perangkat multimedia yang satu ini, guru atau dosen dapat menjelaskan pelajaran dengan lebih mudah dan banyak fiturnya, bukti nyata bahwa perangkat multimedia ini menjadi trend dari tahun ketahun didunia pendidikan adalah dari jumlahnya, dulu yang awalnya hanya di lab tertentu saja, sekarang hampir disetiap kelas terdapat perangkat satu ini dan bahkan sekolah tingkat smp, smk sudah menggunakan Proyektor karena sangat membantu didunia pendidikan.

    Tapi ada Kelebihan dan Kekurangan dari Teknologi Multimedia, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan proyektor :

    Kelebihan proyektor
    1.Mudah untuk dioperasikan
    Meskipun LCD proyektor tergolong baru, namun dalam penggunaannya sangat mudah dan sistem pemakaiannya juga tidak rumit. LCD proyektor memiliki cara kerja yang sederhana, yaitu dapat secara langsung menampilkan layar komputer ke latar, sehingga tak heran jika alat ini selalu digunakan untuk presentasi.

    2.Materi bisa tersampaikan dengan jelas
    Dengan menggunakan proyektor LCD maka materi yang disampaikan dapat mudah tersampaikan kepada audiens. Apalagi jika materi presentasi membutuhkan ilustrasi gambar-gambar atau video maka menggunakan proyektor bisa memudahkan presentasi anda.

    3.Memudahkan proses interaksi
    Proyektor mendukung selama proses presentasi mulai dari pemaparan hasil hingga sesi Tanya jawab atau diskusi. Hal ini menguntungkan saat melakukan presentasi dimana tujuannya agar terjadi diskusi dua arah.

    4.Mendapatkan perhatian audiens
    Mau tidak mau, audiens akan memperhatikan apa yang anda tampilkan melalui layar LCD. Apalagi jika materi yanag anda sampaikan semakin menarik maka akan semakin menarikminat audiens untuk mendengarkan apa yang anda sampaikan.

    Kekurangan proyektor
    1.Harga proyektor biasanya mahal
    2.Beberapa jenis proyektor memiliki pengaturan yang rumit
    3.Penggunaan proyektor menambah biaya listrik
    4.Proyektor menghasilkan radiasi cukup tinggi
    5.Biaya perbaikan proyektor biasanya mahal Karena spare partnya masih jarang.

    Kesimpulan
    Seperti yang kita ketahui, pesatnya perkembangan teknologi multimedia dan internet merupakan satu fenomena yang banyak mempengaruhi dan di gunakan dalam berbagai aspek kehidupan, dan tidak bisa kita pungkiri bahwa sejalan dengan berputarnya roda kehidupan teknologi multimedia khusunya video dan suara banyak kita manfaatkan dalam berbagai bidang untuk menyampaikan sebuah  informasi secara jelas , akuntable serta transparan.

    Penutup
    Sebenarnya masih banyak sekali informasi tentang teknologi Multimedia, tapi yang saya jelaskan diatas hanyalah poin-poinnya saja, karena jika dibahas akan lumayan panjang karena multimedia memiliki peran yang sangat penting dizaman ini, karena dengan adanya multimedia kita menjadi sangat terbantu dari segala aspek. Cukup sekian tulisan saya kali ini, mohon maaf jika banyak kekurangannya, terima kasih telah membaca wasalammualaikum.. 

    sumber : materi pdf suatu kampus

    0 Response to "Teknologi Multimedia dan Contohnya"

    Posting Komentar

    Harap jaga bahasa dan etika nya :D

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel