Kenali 3 Jenis Helm Berdasarkan Fungsi dan Kegunaanya

Kenali 3 Jenis Helm Berdasarkan Fungsi dan Kegunaanya

Helm merupakan perkakas sepeda motor yang harus dipakai. Gunanya amat vital buat mencegah kepala bila terjadi hantaman ataupun musibah.

Hendaknya helm yang dipilih telah mempunyai Standar Nasional Indonesia( SNI), nyaman serta aman kala dipakai.

” Meski kita berkendara dengan jarak yang dekat senantiasa harus memakai helm. Pengendara juga butuh menguasai tipe- tipe helm serta gunanya yang nyaman dan aman dikala berkendara kemana juga,” buka Ludhy Kusuma Robby, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora( DAM

Saat ini terdapat 3 jenis helm yang beredar di pasaran. Ketiganya dapat dipilih sesuai fungsi dan kebutuhan, termasuk nyaman dipakai dan tidak mengganggu konsentrasi berkendara. Berikut merupakan jenis- jenisnya:

1. Helm full face

Helm tipe ini ialah salah satu pelindung kepala sangat nyaman dipakai, karna betul- betul mencegah bagian otak belakang, rahang, serta bagian wajah pada saat terjadi kecelakaan.

Umumnya helm full face ini digunakan oleh para pembalap motor dan juga bikers yang hobi melaksanakan ekspedisi tur dengan jarak tempuh yang jauh.

” Tetapi tidak ada salahnya dipakai di dalam kota sebab helm full face nyaman buat meminimalisir resiko kala hadapi kecelakaan,” tutur Ludhy.

2. Helm open face

Helm tipe ini pula termasuk helm yang nyaman sebab bisa mencegah otak bagian belakang serta rahang.

Helm open face ataupun biasa disebut half face umumnya dipakai buat aktivitas tiap hari dikala mengendarai sepeda motor ataupun dalam mobilitas jarak yang pendek.

” Tidak dianjurkan memakai helm ini kala berkendara jarak jauh terlebih bila memakai sepeda motor dengan kapasitas cc yang besar,” ucapnya.

3. Helm offroad

Helm ini semacam dengan bentuk full face. Cuma saja dipakai kala hendak masuk ke rute offroad. Helm ini umumnya dipakai dikala mengemudikan motor trail buat balapan motocross ataupun aktivitas adventure ke gunung serta hutan.

Helm tipe offroad membagikan perlindungan lebih, bukan cuma hanya buat mencegah bagian kepala, tetapi pula bagian dagu yang dimaksudkan buat mencegah juru mudi dari mungkin luka dampak musibah berlebihan di rute offroad.

Sedangkan bagian topi helm berperan buat menahan percikan tanah dari ban balik motor juru mudi offroad yang lain.

Buat itu, tutur Ludhy, tiap juru mudi harus menguasai guna serta khasiatnya tiap- tiap cocok situasi serta keinginan.

” Sebab helm bukan cuma keamanan saja tetapi pula telah jadi style hidup ataupun lifestyle dikala berkendara kemanapun. Senantiasa cari nyaman serta aman,” tutup Ludhy.

COMMENTS