Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bermain Bibit Reksadana yang Mudah untuk Para Pemula

 


Cara bermain bibit reksadana - Investasi yang sangat beragam bentuknya sering sekali membuat para pemula merasa kebingungan untuk memilih jenis investasi dan juga platform yang akan digunakan. Reksa dana bisa Anda jadikan opsi yang paling tepat untuk para pemula karena termasuk dalam investasi yang minim dengan risiko. 

Aplikasi bibit reksadana menjadi salah satu platform yang bisa dijadikan andalan untuk para investor pemula yang ingin membeli reksadana. Lalu apa itu investasi bibit, Anda dapat menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

 Cara Melakukan Registrasi di Bibit Reksadana 

Cara bermain bibit reksadana untuk pemula bisa dilakukan dengan membuat atau melakukan registrasi akun atau rekening reksadana di aplikasi Bibit. Syarat utamanya Anda harus sudah memiliki KTP dan rekening bank dengan nama Anda sendiri. Rekening bank ini nantinya akan mempunyai fungsi untuk melakukan pencairan dana di saat Anda menjual reksa dana yang dimiliki. 

Uang dari hasil penjualan investasi bibit reksadana akan ditransfer oleh Bank Kustodian ke dalam rekening yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Cara bermain bibit reksadana paling awal adalah registrasi mengikuti langkah – langkah yang ada di bawah ini :

1.Unduh aplikasi bibit melalui App Store atau Play Store pada smartphone Anda. 

2. Buka aplikasi 🡪 klik register 🡪 masukkan nomor handphone Anda yang aktif 🡪 klik lanjutkan, lalu masukan kode verifikasi yang dikirim lewat SMS ke nomor Anda. 

3. Klik mulai jawab 6 kuesioner singkat yang diberikan bibit agar bisa mengetahui profil risiko Anda 🡪 klik lanjut registrasi 🡪 isi kolom menyesuaikan dengan data diri. 

4. Foto KTP dengan jelas agar bisa terbaca dan terlihat jelas nantinya 🡪 klik lanjutkan 🡪 berikutnya ke proses foto selfie bersama dengan KTP. 

5. Lakukan pengecekan NIK, nama lengkap sesuai dengan KTP dan juga tanggal lahir. 

6. Mencantumkan tanda tangan digital yang sama dengan E – KTP di kotak yang sudah disediakan 🡪 Jika sudah klik daftar sekarang. 

7. Set PIN Anda 🡪 masukkan kembali di halaman konfirmasi PIN. 

8. Selanjutnya buka email yang Anda pakai untuk mendaftar 🡪 klik verifikasi email. Anda hanya tinggal menunggu prosesnya 1x24 jam. 

Cara Membeli Bibit Reksadana OJK 

Jika proses registrasi sudah maka Anda tinggal melakukan pembelian lewat aplikasi bibit. Berikut ini adalah langkahnya :

1.Pada halaman home klik tombol Explore 🡪 pilih reksadana yang ingin dibeli. 

2. Mempelajari data dan juga informasi dari reksadana, salah satunya membaca prospektus yang sudah disediakan 🡪 klik beli apabila Anda sudah yakin dengan pilihan Anda. 

3. Masukkan nominal dana yang ingin diinvestasikan 🡪 klik ubah bila ingin dimasukkan ke dalam portofolio yang mana. 

4. Pilih portofolio 🡪 klik beli 🡪 checklist bila Anda sudah menyetujui keseluruhan prospektus reksadana 🡪 klik bayar sekarang 🡪 pilih metode pembayaran yang sudah disediakan. 

Cara Jual Bibit Reksadana

Berikut ini adalah cara bermain bibit reksadana dengan melakukan penjualan reksadana yang ada di aplikasi bibit :

1.Klik menu portofolio 🡪 pilih portofolio yang mau Anda jual. 

2. Klik tombol jual pada reksadana yang ingin Anda jual. 

3. Pilih jumlah unit yang nantinya ingin Anda jual dengan menggeser slider 🡪 klik jual. 

4. Masukkan PIN 🡪 klik konformasi agar bisa mengkonfirmasi transaksi dalam penjualan. 

5. Dana dari hasil penjualan akan masuk ke rekening Anda maksimal 7 hari waktu kerja menyesuaikan prosedur OJK.