Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tertarik untuk Investasi Saham? Inilah Cara Beli Saham BRI untuk Anda yang Masih Pemula




Apakah Anda juga tertarik melakukan investasi saham? Investasi saham memang menjadi salah satu hal yang banyak diperbincangkan dan cukup menarik banyak investor pemula, salah satu yang banyak peminatnya adalah saham BRI yang memiliki kode emiten BBRI, lalu bagaimana agar Anda bisa membeli saham BRI? Berikut penjelasan lengkapnya.

Prosedur Investasi Saham BRI

Sebelum Anda membeli saham BRI, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu, diantaranya adalah,

1.      Buka rekening efek

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka rekening efek di BRI terdekat dengan membawa persyaratan yang diperlukan seperti fotokopi KTP dan mengisi formulir pembukaan rekening efek BRI. Kemudian Anda perlu menentukan deposit awal yang sesuai dengan batas minimum dana yang Anda miliki.

Jika Anda tidak sempat untuk datang ke kantor cabang BRI terdekat, pembukaan rekening efek ini juga bisa dilakukan secara online.

1.      Tentukan nominal dana

Setelah Anda memiliki rekening efek, Anda perlu menyisihkan dana yang akan ditabung di saham BRI, pertimbangkan secara matang besaran nominal dana yang akan ditabung tersebut, sesuaikan dengan kondisi serta tujuan finansial Anda.

1.      Pilih jenis saham

Saat Anda akan melakukan investasi saham di BRI, tentu saja Anda perlu memilih jenis saham berupa saham BRI, dan Anda harus konsisten dengan pilihan tersebut.

1.      Menabung secara rutin

Setelah Anda memiliki rekening efek, Anda sudah bisa menabung secara rutin di BRI setiap bulan, semakin rajin Anda menabung, maka keuntungan yang Anda dapatkan sebagai seorang nasabah bisa lebih maksimal.

Cara Beli Saham BRI

Setelah ke-empat langkah tersebut Anda lakukan, mulai dari pembukaan rekening efek hingga menabung di BRI, Anda sudah bisa melakukan pembelian saham baik secara offline ataupun online. Anda bisa memilih metode pembelian saham sesuai dengan kebutuhan investasi saham.

Jika Anda ingin membeli saham BRI secara offline, maka Anda perlu datang ke perusahaan sekuritas yang sudah memiliki izin untuk melakukan transaksi jual beli saham bersama investor, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah,

·        Cari informasi yang valid terkait perusahaan sekuritas yang kredibel dan terpercaya, cek juga legalitas perusahaan tersebut yang artinya harus sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

·        Pastikan Anda menyiapkan dana yang akan digunakan untuk investasi, setiap perusahaan sekuritas memiliki kebijakannya masing-masing terkait saldo minimum yang perlu didepositkan.

·        Anda perlu menyiapkan data diri untuk mendaftar sebagai investor.

·        Setelah yakin dengan perusahaan sekuritas yang dipilih, Anda bisa mendatangi perusahaan tersebut sesuai jam kerja dengan membawa data yang diperlukan.

·        Kemudian isi formulir untuk membuka RDI (Rekening Dana Investor)

·        Jika RDI sudah Anda miliki, artinya Anda sudah bisa membeli saham BRI paling tidak 1 lot (100 lembar saham).

Pembelian saham BRI juga bisa dilakukan secara online dengan melakukan beberapa hal, diantaranya adalah,

·        Anda perlu datang ke kantor sekuritas BRI, kemudian membuat akun saham

·        Unduh dan install software trading online

·        Selanjutnya Anda perlu login ke software trading online menggunakan akun saham yang sebelumnya telah dibuat

·        Setelah itu, pada kolom simbol Anda perlu memasukan kode saham BRI (BBRI)

·        Lalu tekan saham BBRI

·        Tekan BUY, dan proses pembelian saham BRI secara online sudah selesai dilakukan.

Itulah cara beli saham BRI yang perlu Anda ketahui, pembelian saham BRI ini memiliki batas minimal yaitu 1 lot (100 lembar saham), jadi Anda hanya bisa membeli saham 1 lot atau lebih.